Pada pemrograman android, pengaturan layout dasar akan sangat sering dilakukan melalui file XML (Extended Markup Language) yang nantinya akan diakses/dipanggil melalui class Java sebagai file utama pemrograman aplikasi yang dibuat.
Pada posting kali ini saya akan mencoba berbagi tentang penggunaan EditText, TextView dan Button pada pemrograman android dengan menggunakan file XML.
1. Buat project baru pada pada Eclipse
2. Isikan field yang dibutuhkan.

a.       Project Name : Nama Project yang akan tampil di Eclipse
b.      Create New  Project in Workspace : Membuat project baru
c.       Build Target : Tentukan versi android yang akan digunakan
d.      Aplication Name: Nama aplikasi yang akan tampil di emulator
e.      Package name: Nama Package untuk aplikasi yang dibuat
f.        Create Activity : Di centang. Kemudian isikan dengan nama class Activity Utama yang akan dibuat. Class ini yang pertama kali dipanggil oleh system
g.       Min SDK Version : Minimum SDK yang dapat dijalankan. Misal pada Android 1.6 maka min SDK Version adalah 4. Ini bisa dilihat pada API Level

3.       Jika sudah, maka otomatis akan tercipta 4 file default yaitu class Activity Utama di folder  src, main.xml di folder res/layout, file strings.xml pada folder res/values dan file AndroidManifest.xmlyang menyimpan seluruh informasi penting dari aplikasi yang dibuat mulai dari nama class hingga component yang digunakan seperti broadcast receiver dan lain-lain.
4.       Jika keempat file tersebut sudah ditemukan, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur layout dengan mengakses file main.xml
5.       Secara default file main.xml akan berisi script seperti ini:
<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>
<LinearLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android&#8221;
android:orientation=”vertical”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”fill_parent”
>
<TextView
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:text=”@string/hello”
/>
</LinearLayout>
Pada MainActivity, biasanya system akan langsung menuliskan script dasar seperti diatas. LinearLayout adalah salah satu bentuk Layout pada Android. Dengan menggunakan dasar Layout ini maka dasar aplikasi kita akan bersifat statis/fixed sehingga tidak bisa digerakkan/scroll.
Komponen TextView sendiri merupakan komponen yang akan menampilkan text. Dalam script ini maka yang ditampilkan adalah string dengan nama:hello pada file strings.xml. Untuk tutorial ini kita akan menghilangkan text tersebut dan mengosongkan karena kita akan menampilkan TextView berdasarkan inputan dari user. Kemudian rubah strukturnya sebagai berikut:
<TextView
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:id=”@+id/txtHasil”
android:gravity=”center_horizontal”
/>
Untuk menerima inputan, maka yang digunakan adalah EditText. Sebenarnya ada cara lain namun untuk dasar kita akan menggunakan EditText. Adapun script untuk membuatnya adalah sebagai berikut:
<EditText
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:id=”@+id/txtInput”
android:layout_gravity=”center_horizontal”
/>
Karena penempatan layout pada XML sifatnya tersusun dari atas ke bawah, maka letakkan EditText di atas TextView. Selanjutnya kita masukkan komponen Button sehingga susunan XML akan seperti ini:
<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>
<LinearLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android&#8221;
android:orientation=”vertical”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”fill_parent”
>
<EditText
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:id=”@+id/txtInput”
android:layout_gravity=”center_horizontal”
/>
<Button
android:layout_width=”150px”
android:layout_height=”wrap_content”
android:id=”@+id/btnInput”
android:layout_gravity=”center_horizontal”
android:text=”Tampilkan”
/>
<TextView
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:id=”@+id/txtHasil”
android:gravity=”center_horizontal”
/>
</LinearLayout>
6.       Setelah selesai melakukan editing pada file XML, selanjutnya kita berpindah ke file java yaitu MainActivity.java. Secara default file ini akan berisi script sebagai berikut:
package com.diskusiandroid.sutadi;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
public class MainActivity extends Activity {
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
}
}
Script main pada setContentView() yang bermaksud bahwa class MainActivity.java akan menggunakan main.xml pada res/layout sebagai layout dasar untuk class tersebut.
7.       Kemudian untuk bisa mengakses komponen di file XML, kita terlebih dahulu mendeklarasikan komponen tersebut seperti ini:
public class MainActivity extends Activity {
EditText inputUser;
Button tombolInput;
TextView tampilanHasil;
8.       Selanjutnya inisialisasi object tersebut didalam public void onCreate() seperti ini
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
inputUser = (EditText)findViewById(R.id.txtInput);
tombolInput = (Button)findViewById(R.id.btnInput);
tampilanHasil = (TextView)findViewById(R.id.txtHasil);
}
9.       Kemudian karena kita akan menggunakan tombol/komponen Button maka kita harus mengimplementasi class OnClickListener seperti ini:
public class MainActivity extends Activity implements OnClickListener{}
10.   Langkah selanjutnya kita perlu untuk mengimplementasi Button yang kita buat agar Button tersebut menerima aksi ketika ditekan. Caranya seperti ini:
tombolInput.setOnClickListener(this);
11.   Setelah diimplementasikan. Berikutnya kita akan membuat sebuah method untuk menangani aksi ketika Button di klik. Jika anda perhatikan, bahwa saat implementasi pada langkah ke 9, baris tersebut tertulis mengalami error. Itu dikarenakan belum adanya method ini.
@Override
public void onClick(View v) {
switch (v.getId()) {
case R.id.btnInput:
tampilanHasil.setText(“Anda meng-inputkan : ” +inputUser.getText().toString());
break;
default:
break;
}
}
12.   Jika anda menuliskan dengan benar, seharusnya error pada langkah ke-9 tadi sudah hilang. Berikutnya anda bisa menjalankan program ini dengan hasil sebagai berikut:
:)