Kamis, 15 Juni 2017

Membuat Spinner Array pada ADT


Membuat Spinner Array pada ADT

Spinner adalah salah satu widget yang berfungsi sebagai komponen User Interface (Antar Muka), yang dapat menampilkan daftar item drop down. Jadi untuk menampilkan suatu daftar pilihan ,kita harus mengklik item berbentuk widget Spinner terlebih dahulu.

Langkah pertama buat project dengan nama SpinnerArray. kemudian buat kelas MainActivity.

Langkah kedua masukkan source code untuk file MainActivity.java

package com.example.spinnerarray;

import java.util.ArrayList;

import android.os.Bundle; import android.app.Activity; import android.view.Menu; import android.view.View;

import android.view.View.OnClickListener; import android.widget.ArrayAdapter; import android.widget.Button;

import android.widget.Spinner; import android.widget.TextView;


public class MainActivity extends Activity implements OnClickListener{

Spinner spinnerPemrograman;
Button buttonPilih;

TextView textViewlaporan;

ArrayList<String> arrayListPemrograman = new ArrayList<String>();


@Override

protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main);

arrayListPemrograman.add("java");
arrayListPemrograman.add("PHP");
arrayListPemrograman.add("Android");

spinnerPemrograman = (Spinner)findViewById(R.id.SpinnerPemrograman); buttonPilih = (Button)findViewById(R.id.buttonPilih);



 1

textViewlaporan = (TextView)findViewById(R.id.textViewLaporan);

ArrayAdapter<String> adapterPemrograman= new ArrayAdapter<String>(this, android.R.layout.simple_spinner_item, arrayListPemrograman);

adapterPemrograman

.setDropDownViewResource(android.R.layout.simple_spinner_dropdown_item);

spinnerPemrograman.setAdapter(adapterPemrograman);
spinnerPemrograman.setSelection(2);

buttonPilih.setOnClickListener(this);

}


@Override
public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {

// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present. getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);

return true;
}


@Override
public void onClick(View view) {

// TODO Auto-generated method stub textViewlaporan.setText("Spinner yang dipilih adalah:" +
spinnerPemrograman.getSelectedItem().toString());




}

}

Langkah ketiga masukkan source code untuk activity_main.xml

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>

<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:layout_width="fill_parent"

android:layout_height="fill_parent" android:orientation="vertical">

<Spinner
android:id="@+id/SpinnerPemrograman"



 2


android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content"/>

<Button

android:id="@+id/buttonPilih" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:text="Pilih"/>

<TextView

android:id="@+id/textViewLaporan" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:text="TextView"/>

</LinearLayout>

Tampilan emulator:









































 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bonjour & Welcome

My Blog List

Instagram